Search This Blog

Thursday, February 11, 2016

Petunjuk jalan ke Bukit Kapur Jaddih, Bangkalan

Salah satu lokasi wisata yang sedang naik daun di Jawa Timur, khususnya pulau Madura adalah Bukit Kapur Jaddih di kabupaten Bangkalan.
Lokasi ini sering menjadi jujugan para photographer dan model karena panoramanya yang bagus.

Walaupun sudah cukup terkenal dan gampang untuk bertanya kepada penduduk sekitar, namun rambu-rambu jalan yang menuntun ke lokasi ini sulit ditemukan.
Untungnya lokasi ini sudah di tandai di google map, anda bisa menggunakan kata kunci : "jaddih" atau "bukit jaddih", atau lebih baik menggunakan "pasar jaddih" (karena lokasi bukit kapur ini dekat dengan pasar).

Pasar Jaddih, Bukit Kapur, ada Pemandian (Kolam Renang) Guweh Pote (Gua Putih)


Pertama-tama, bukit jaddih ini walaupun berada di wilayah Bangkalan, tapi tidak berada di jalan raya antar kota. Dia ada di Selatan kota Bangkalan (lihat foto dibawah ini). Jadi memang anda harus mengendarai kendaraan di jalan antar kecamatan yang tidak ada tanda tanda petunjuk jalannya. Untungnya signal HP cukup baik disini (saya pakai Telkomsel) sehingga saya tidak merasa kesulitan walau hanya berbekal HP android plus google map.
Jalan yang dilalui juga menurut saya cukup lebar dan nyaman dikendarai dengan mobil maupun motor. Jika anda menggunakan mobil, saya sarankan menggunakan mobil non sedan, gunakan mobil seperti avanza, xenia, phanter dll yang ground clearance nya cukup besar.

Bukit Jaddih, ada di dekat kota Bangkalan, beberapa km ke Selatan.



Sepanjang jalan juga banyak rumah penduduk yang dapat anda tanyai jika anda merasa tersesat atau ragu.
Perlu dicatat kalau begitu anda keluar dari jalan raya, tidak bisa ditemukan Mini Market seperti Alfamart atau Indomart, yang ada hanya warung2 kecil saja. Juga tidak ada restaurant, yang ada adalah warung kopi.
Tentunya akan menjadi masalah buat anda yang gampang beser dan biasa menggunakan Toilet di Mini Market. Perlu diketahui bahwa warga sekitar biasanya tidak memiliki toilet dengan jamban (duduk maupun jongkok), mereka hanya memiliki 'jomblang', yaitu lubang di tanah yang digunakan sebagai toilet untuk buang air besar... so planning dengan baik kebutuhan toilet anda ya.... :D.


Berikut saya akan tuliskan 2 alternatif jalan ke bukit kapur Jaddih Bangkalan :

Alt Rute 1, paling dekat, tapi lebih banyak melalui jalan antar kecamatan.

Asumsi anda menggunakan jembatan Suramadu, maka Alt Rute 1 panjangnya 21km. Dari Suramadu, ambil jalan besar ke arah kota Bangkalan, namun ketika sampai di pertigaan dengan bundaran di tengah nya, ambil arah ke Selatan (belok kiri, kalau belok kanan ke arah Bangkalan). Disini anda sudah keluar dari jalan besar dan berada di jalan antar kecamatan. banyak polisi tidur kecil disini, membuat kendaraan tidak nyaman untuk dipacu kencang kencang.

Sampai di satu pertigaan, anda belok kanan ke arah Jaddih.


Alt Rute 2, lebih jauh, tapi lebih banyak melalui jalan besar..
Rute ini panjangnya 27.5km dari exit Tol Suramadu, lebih jauh dari rute 1, namun lebih nyaman dan mudah karena anda lebih banyak menggunakan jalan antar kabupaten yang jalan lebar.
Anda berkendara ke arah kota Bangkalan, ambil jalan bypass dan terus berkendara ke arah Kamal (Penyeberangan Ferry).
Setelah anda jumpai pertigaan jalan kembar (baru) ke kanan anda akan jumpai pertigaan lain yang lebih kecil ke kiri, disitulah anda meninggalkan jalan raya dan masuk ke jalan antar kecamatan.
Gunakan GPS / google map anda untuk mencari pertigaan ini.
Setelah 4-5 km melewati jalan kecamatan, anda akan bertemu pasar Jaddih, dan beberapa ratus meter setelah itu ada belokan ke kiri dengan tulisan besar "BUKIT', itulah jalan masuk ke arah Bukit Jaddih.

Bukit Kapur Jaddih sebenarnya adalah wilayah penambangan batu kapur. Jadi banyak truk yang keluar masuk wilayah ini mengangkut batu kapur.
Ada pemberhentian permintaan sumbangan oleh warga, tidak ada karcis dan besarnya sumbangan tidak ditentukan alias sesuai kerelaan saja.





Rute manapun yang anda pilih, anda harus masuk lewat jalan makadam / jalan tanah sepanjang kurang lebih 2km, agak kurang nyaman jika hujan dan becek, namun tidak sampai licin dan membuat roda mobil terbenam.

Di lokasi ini juga terdapat pemandian (kolam renang) air tawar, namanya Kolam renang Gua Pote (gua putih). So kalau merasa kepanasan, anda bisa mampir dan berenang di kolam ini.
Silahkan google dengan kata kunci "bukit jaddih bangkalan" maka anda akan menemukan banyak foto untuk referensi.


Sesampai di lokasi bukit Kapur, bagi saya paling tidak ada 3 destinasi yang bisa dikunjungi untuk tempat spot berfoto, pertama di wilayah Gua Jepang. lokasinya paling dekat dengan pintu masuk.
Lokasi kedua adalah naik ke atas bukit dimana anda akan menemukan hamparan rumput hijau dengan bebatuan kapur di sela selanya.
Lokasi ini adalah lokasi yang paling terkenal dan untuk naik sampai ke puncak anda dikenai biaya,
Rp. 10rb per mobil.


Lokasi 2, Di atas Bukit Kapur


Lokasi ketiga Berada agak jauh ke arah Barat dari pintu masuk, sekitar 500m - 1km, anda akan menemukan gua tambang yang mudah di akses dan memiliki 'jendela' seperti dibawah ini :




Foto dari dalam gua ke arah luar bisa menghasilkan foto seperti ini :
White surrounding with karst walls and clear white sky :D.


Beberapa foto yang saya ambil di Jaddih.... :D.
Semoga berkenan....



























Yoga di Bukit Kapur Jaddih, Bangkalan

It is fun to take photograph with such a beautifull view... :)

good bye for now....




Update, end 2016,

Update terkini, sudah ada satu destinasi baru lagi di Jaddih, kolam air....
Dan sama seperti destinasi bukit diatas, mobil dikenakan biaya 10rb, motor kalau gak salah kena 5rb untuk bisa parkir di area ini.


Untuk naik gethek (perahu datar dari bambu seperti diatas), anda perlu nego dengan bapak pemilik perahu.
Lokasi ini menjadi eksotis juga karena banyak lubang lubang galian sehingga pemandangan dinding kapur menjadi seperti memiliki 'jendela' :D.

















4 comments:

  1. Bukit jaddih memang cukup mempesona, bisa melihat keadaan sekitar jaddih yang banyak pepohonan dan cukup rindang.. tapi kalo siang hari panasnya ruarr biasa, wajar sih karna bebatuan putih jadi panasnya mental.. jangan lupa bawa air karna sedikit warung yang buka.. ;)

    salam,

    PulauMadura.com

    ReplyDelete
  2. Bukit Jaddih Emang Keren Banget, Keindahan Alamnya Begitu Pure dan Unique. Salah Satu Destinasi yang wajib didatangi pas lagi berkunjung ke Madura, khususnya Bangkalan

    salam,

    traveljaya.com

    ReplyDelete
  3. Mau tanya gan, apakah bus besar bisa masuk ke sana? Terimakasi sebelumnya

    ReplyDelete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..