Search This Blog

Tuesday, January 3, 2012

Teknik Search and Recovery

Search and Recovery Technique

Search and Recovery lebih ditujukan untuk mencari barang yang hilang di laut
Barang yang jatuh bisa saja masker, weight (pemberat), fin, jam tangan, dive comp bahkan dompet sekalipun :).
Tentunya tidak semua barang yang jatuh memungkinkan untuk dicari kembali, biasanya anda akan berhitung antara kerugian jika barang tersebut hilang vs resiko / bahaya / waktu / tenaga yang harus dikeluarkan untuk mencarinya.

Beberapa limit pencarian barang :
1. Terlalu dalam, mencari di kedalaman dibawah 30m meningkatkan resiko DCS dan keselamatan diver.
2. Tidak tahu dimana jatuhnya, anda tidak sadar ketika barang tersebut jatuh atau tidak berhasil menandai di mana kira-kira lokasi jatuh.
3. Tidak ada orang yang membantu dan mengawasi anda selama melakukan operasi SnR.
4. Waktu tidak mengijinkan, boat akan segera berangkat, arus pasang / surut akan datang, mengejar schedule penerbangan pesawat, tidak cukup waktu untuk beristirahat untuk next dive dll.

Jadi paling penting untuk melakukan SnR adalah keselamatan, ketersediaan buddy, rekan yang membantu selama proses SnR sekaligus buddy anda (no dive alone !).

Segera melakukan marking lokasi jatuhnya barang !
Hal kedua yang menjadi pokok terpenting adalah menandai / mengingat-ingat lokasi jatuhnya barang.
Anda dapat melakukannya dengan melakukan pemetaan cepat seperti yang diajarkan di natural compass (advance certificate).
Ingat bahwa arus dapat menggeser perahu / posisi anda, sebentar saja melakukan penundaan bisa jadi anda akan kehilangan lokasi jatuhnya barang. So, segera kenakan snorkel dan perhatikan lokasi sekitar barang jatuh untuk mengingat lokasi jatuhnya barang. Carilah object2 yang gampang diingat, karang besar, karang kipas, barrel sponge, slope pasir ditengah-tengah karang, apapun yang anda yakin mudah untuk diingat.
Jika situasi tidak memungkinkan (arus datang, malam hari, ditunggu boat dll) anda masih dapat kembali lagi besok pagi atau lain waktu untuk melakukan pencarian.


Berikut akan dibahas cara untuk melakukan search and recovery

1. Expanding Square / Circle.

Salah satu cara yang dianjurkan untuk melakukan search and recovery adalah dengan teknik expanding square (atau circle).

Anda akan membuat bentuk kotak (atau lingkaran) yang semakin lama semakin besar. Starting point anda adalah lokasi dimana barang tersebut paling mungkin ditemukan (perkiraan jatuhnya barang).

Jika anda beruntung, anda bisa langsung melihat barang yang dicari, jika tidak, anda harus mulai melakukan expanding square.
Jika anda memiliki tali dan buddy, minta buddy anda memegang tali di starting point, dan anda melakukan expanding 'circle' dengan tali sebagai jari-jari lingkaran.
Buddy anda diminta mengatur panjang tali sehingga jari-jari lingkaran pelan pelan membesar.

Jika anda melakukan expanding square, tentukan arah start, misalnya ke utara, kemudian belok ke barat, ke selatan dst.


Anda kemudian harus menentukan expansion rate anda berdasarkan ukuran barang yang dicari dan kondisi visibility. Setiap 2 kali belokan, anda harus menambah (expand) jangkauan anda. Misalnya awalnya anda berbelok tiap 2 meter, setelah 2 kali berbelok, gunakan 3m, 2kali berbelok, gunakan 4m.
Disini anda dikatakan menggunakan expansion rate sebesar 1m.









2.  To be continued....

No comments:

Post a Comment

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..