Search This Blog

Friday, November 19, 2010

Masker Impian....

Hehehe... kelihatannya kurang penting untuk dibikin whiz list, tapi saya ingin bikin whiz list ini untuk mengingatkan tentang masker-masker yang enak dipakai, baik yang sudah dicoba maupun yang ingin dicoba....

Ternyata cari masker yang nyaman itu gampang-gampang susah....
Masker pertama saya yang mereknya Sopras, beli 350 ribu perak ternyata hingga saat ini (1.5 tahun dipakai) belum ada yang mengalahkan keenakannya... kali aja si masker udah apal sama seluk beluk muka saya....
Padahal sudah banyak kemasukan kotoran, warnanya juga sudah mulai pudar tapi tetap saja tidak bisa ke lain masker....

Kriteria masker yang baik menurut saya :

Tidak terlalu banyak bocor, terutama ketika dibuat manuver jungkir balik dan terlentang.
Tidak mudah fogging idealnya cukup dikasih shampo bayi / odol, bisa tahan 1.5 jam tanpa fogging. Kelihatannya saya tidak terlalu cocok dengan masker berjenis 'low volume', karena kelemahan masker jenis ini adalah gampang sekali fogging. Kadar air di dalam kantong udara di masker mudah jenuh, mata (yang mengandung air) lebih dekat ke kaca masker....

Tapi masalahnya saya sudah tanya ke beberapa orang dan toko, dan mendapatkan jawaban yang sama : semua masker produksi 2009 ke atas 'sudah' low volume semua !

Terpaksa saya harus pakai trik untuk cari masker yang cocok : masker WAJIB dicoba dulu minimal di kolam, kalau bisa dibawa ke laut. Tentu saja tidak ada dive center yang cukup gila untuk memenuhi keingingan saya, akibatnya tiap kali trip saya sering nyobain masker milik teman-teman yang lain.


Terakhir adalah kenyamanan saat dipakai, sesuatu yang menjadikan alasan saya mencari masker lagi.
Tentu saja masker lama yang berharga 350 ribu tidak akan bisa seenak dan senyaman masker berharga 1 jeti... hehehe... ada harga ada rupa...
Biar muka tidak sakit sehabis diving...



Walhasil, dari hasil meminjam masker dan berburu info tentang masker, saya ingin merekomendasikan masker yang kira-kira bisa cocok dengan muka yang agak lebar / besar seperti saya (176cm, 82kg).
Dan kalau sudah berbagai macam masker anda coba, berbagai cara anda lakukan dan anda tetap bermasalah dengan masker anda, kelihatannya anda harus coba teknik face off ala Lisa di RS Dr. Soetomo yang sempat ramai dibicarakan itu... hahahaha.... kidding...


Berikut adalah beberapa model masker yang pernah saya coba dan gagal total... :p

Aqualung Technisub Look


Beberapa kali dicoba ternyata terasa terlalu kecil di wajah saya. Akibatnya kalau geser sedikit air mudah masuk.
Terasa sedikit sakit diwajah karena mata serasa dipaksa berkumpul ditengah.

Walaupun karet terasa nyaman, tapi kelihatannya ukuran dan bentuk wajah gak cocok sama Aqualung Technisub Look ini....

Keluhan yang sama ketika saya mencoba Masker Technisub Ventura (Midi).







Well, berikut beberapa model masker yang pernah saya coba dan sukses ! namun masalahnya harganya yang cukup mahal bikin saya mundur teratur mencari alternatif lain...

Riffe Mantis
Website untuk masker merk Riffe : www.speargun.com

Karetnya lentur sekali, tidak menyiksa wajah, nyaman dikenakan. Kemudian juga silikon yang menempel di wajah cukup lebar sehingga membuat masker ini anti bocor.

Juga tersedia dengan kaca 'kuning' (fungsinya mirip kaca mata safety kuning) untuk melihat lebih jelas di siang hari. Namun jelas akan mengganggu jika dikenakan untuk night dive.







Berikut adalah masker impian yang ingin saya coba :D.
(walaupun merknya Seacsub, tapi yang penting nyaman dipakai, enggak bocor, enggak ngembun, dan harganya gak terlalu mahal hehehe...)

Seac Sub One
Seac Sub One










Website untuk masker merk SeacSub : www.seasclub.com.
Komentar tentang pemakaian Seac Sub One yang memiliki lapisan silikon yang lebar dan cocok untuk muka yang lebar / besar.



Update : 2012 :
Akhirnya Seac Sub One sudah resmi BUKAN lagi masker impian, karena udah kebeli sejak Juni 2012 :).
Dan sampai sekarang menjadi masker utama saya...
Gak rugi pokoknya, enak dan gak bocor... gak terlalu low volume juga....



-------------

No comments:

Post a Comment

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..