Search This Blog

Wednesday, November 10, 2010

Kecewa buku Digital Underwater Photography : Teknik membidik jarak dekat dan makro oleh Makarios Soekojo

Komentar setelah membeli buku
Digital Underwater Photography : Teknik membidik jarak dekat dan makro oleh Makarios Soekojo


Awal Oktober 2010, kebetulan saya jalan-jalan salah satu toko buku di PTC untuk check buku-buku yang sedang laris saat ini. Salah satu buku yang menarik buat saya adalah buku Digital Underwater Photography karangan Makarios Soekojo.
Tertarik karena booming Pen Camera (Micro 4/3 technology) dan beberapa kawan yang memilih Olympus sebagai kamera bawah air andalannya saya akhirnya membeli buku ini.
Hitung2 ingin juga belajar tentang Pen Camera, yang saya yakin akan banyak diulas oleh Pak Makarios disini, saya juga ingin belajar lebih banyak tentang teknik fotografi bawah air. Harga buku saya rasa tidak terlalu mahal (pada awalnya), 80.000 rupiah saja.

Pulang ke rumah, jam 10 malam saya mendapatkan waktu luang, segera saya buka dan mulai membaca buku yang baru saya beli ini. Apa yang saya jumpai ternyata cukup mengecewakan, dari tebal 230 halaman, 100 halaman pertama ternyata HANYA membahas kamera, feature dan accesories merk Olympus saja.
(hal 17, ada satu merk selain Olympus yaitu Scan Disk Extreme, sebuah merek Memory Card. Itu pun karena setahu saya Olympus tidak memproduksi Memory Card sendiri seperti Sony dengan Memory Stick Pro Duo nya...)

Saya merasa 'dipaksa' membaca buku panduan kamera Olympus atau memilih type kamera Olympus yang cocok buat saya.
Well, saya memang sudah mengantisipasi bahwa akan ada 'iklan' Olympus dalam buku itu, toh saya juga ingin mengenal Pen Camera yang tag line nya : Not Compact, Not DSLR, it's a PEN !
Tapi saya merasa porsi iklannya terlalu banyak... sangat menjemukan membaca buku yang membahas feature kamera (Olympus), seolah-olah saya sudah membeli kamera tersebut dan sedang berusaha mempelajarinya.

'Iklan' ini sendiri tetap berlangsung hingga akhir buku, walaupun sejak halaman ke 157 mulai ada pembahasan merk lain selain Olympus, itupun kalau menurut saya karena 'terpaksa', karena strobe paling populer dipakai adalah YS-250 (sea n sea) dan DS-160 (Ikelite) bukan strobe milik Olympus.

Terus terang saya mengharapkan sebuah pembahasan yang menghasilkan 'ohh...' and 'wow...' effect mengingat karier beliau yang sangat mengagumkan bagi saya (Modern Photo, pengajar di Trisakti, Darwis Triadi dan terutama sekolah fotografi Nikon...).
Bahasan yang ada pun menurut saya (amat) jauh dari konsentrasi yang dipilih : Makro photography.
Baru di halaman 179 (dari 230 halaman) ada pembahasan tentang makro fotography.
Bagaimana mengambil posisi pencahayaan, teknik bidik, pengaturan diafragma, f stop dll.

Setelah itu, halaman 212 dan seterusnya, buku ini kembali membahas masalah-masalah umum yang menyangkut procedure penyelaman, daftar periksa, sampai ke procedure pengecheckan housing baru.

Alamak... jadi sebenarnya hanya 30 an halaman saja yang benar-benar sesuai dengan judulnya : teknik membidik jarak dekat dan makro...

Beberapa cuplikan foto makro yang ada di bukukita.com











Kemudian 128 halaman pertama khusus membahas Digital Fotografi (Bukan Underwater Digital Fotografi !).
Saya harap anda yang membaca ulasan (gerutuan sendiri) ini bisa menentukan sendiri apakah buku ini sesuai bagi kebutuhan anda.


Jelas bahwa jika anda memang awam dengan dunia fotografi, selama ini pakai kamera mode auto dan asal jepret saja, buku ini akan menjelaskan semuanya dari dasar. Namun secara umum rasanya buku ini lebih cocok digolongkan sebagai booklet kamera Olympus dengan sedikit sisipan teknik fotografi makro.
Pilihan judul yang tepat mungkin : Belajar dasar digital fotografi, fotografi bawah air dengan tips makro fotografi.
Dan mungkin harga jualnya jangan 80.000 rupiah, walaupun penuh dengan halaman full colour...

Well... demikian pendapat saya yang apa adanya... tanpa bermaksud menjatuhkan atau menjelek-jelekkan pihak tertentu.

salam.





==================

1 comment:

  1. Setuju dengan anda! Saya membeli buku Digital Underwater Photography, tujuannya untuk menambah buku referensi tentang underwater photography. Setelah sampai di rumah, saya buka dan baca.. OMG DEH!!!
    Buku berisi 232 halaman, tentang underwater photography-nya hanya 88 HALAMAN (hal 141-229)SAJA! 38% dari buku... sisanya IKLAN OLYMPUS!

    Sungguh menggelikan... buku ini pantasnya di taruh di lounge atau gerai olympus untuk dibagikan gratis... bukan untuk dijual!

    ReplyDelete

Glad if you could give me a feedback :), cheers matey..